Sekelumit Tentang Android Jelly Bean

02 November 2012



sistem operasi (OS) mobile Android Jelly Bean resmi diumumkan oleh Google dalam acara konferensi Google I/O di San Francisco, California, AS.
Android Jelly Bean merupakan sistem operasi mobile baru dari Google yang pada dasarnya setara versi sebelumnya. Beberapa poin Android Jelly Bean yang membedakannya dengan Android yang Lain.

Project Butter
Fitur ini tidak akan terlihat secara kasat mata. Karena fitur ini dihadirkan untuk meningkatkan performa dan juga waktu respon dari sistem operasi ini. Dengan kehadiran Project Butter, sistem akan berjalan pada 60 frame per detik (fps). Animasi juga akan terlihat lebih halus dan cepat. CPU langsung bergerak saat mendeteksi sentuhan untuk menjamin kecepatan respon.


Project Butter tak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun diklaim juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel.
Google mengklaim ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel. Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.

Google Now
Google Now merupakan aplikasi berbasis lokasi yang diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Jelly Bean.
Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih relevan untuk masing-masing pengguna.

Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.

Smart Notification
Bar notifikasi yang ada di Jelly Bean kini dibuat lebih pintar. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali melalui bar notifikasi tersebut.

Widget lebih Disempurnakan
Widget kini semakin cerdas. Mereka kini dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan space yang tersisa di layar secara dinamis sehingga widget berukuran besar sekali pun akan tetap lebih sedap dipandang.

Voice Search Baru
Memang, sudah sejak lama pengguna bisa melakukan pencarian web dengan perintah suara di Android, tapi kini fitur tersebut dibuat lebih pintar dengan kemampuan menjawab.

Selain memiliki banyak kelebihan Jelly Bean ternyata juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya

Tidak Support Adobe Flash
Adobe Flash membuat keputusan mengejutkan. Perusahaan peranti lunak yang mengembangkan aplikasi flash demi kenyamanan mengakses konten bergerak itu menyatakan akan melarang aplikasinya beredar di sistem Android terbaru. Alasan utama penghentian ini adalah Adobe akan mengembangkan aplikasi baru. Adobe hanya membolehkan akses Flash pada komputer pribadi. Adapun untuk aplikasi berbasis seluler, Adobe menawarkan Adobe AIR.
semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika anda bersedia memberikan komentar dan saran pada blog ini.

Salam kenal,


admin
SegoSega.web.id